Tagged Under: , ,

Tugas Manajemen Perkantoran Soal + Jawaban Pert. I

Share
Assalamu'alaikum ..


 Soal :
11.      Jelaskan Pengertian Manajemen Perkantoran !
22.      Jelaskan Fungsi-fungsi Manajemen !
33.      Apa saja elemen Manajemen Perkantoran tersebut !
44.      Apa saja aktivitas dari Manajemen Perkantoran !
55.      Apa saja proses Manajemen Perkantoran !
66.      Sebutkan tujuan Manajemen Perkantoran !
77.      Gambarkan contoh organisasi yang sederhana !
88.      Gambarkan contoh organisasi yang berkembang !
99.      Pendekatan fungsional dalam pengorganisasian dibagi menjadi ? jelaskan !
110.  Apa yang dimaksud dengan uraian pekerjaan !

Jawaban :
11.      Manajemen adalah kosa kata yang berasal dari bahasa Perancis kuno, yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen bukan saja dapat dianggap sebagai suatu jenis ilmu, tetapi juga aktivitas (kegiatan). Sebagai suatu ilmu dan aktivitas, manajemen mempunyai sifat yang unik. Artinya, identitas manajemen berbeda dari ilmu dan aktivitas lainnya.
22.      A. Perencanaan
B. Pengorganisasian
C. Pengkoordinasian
D. Pengawasan
33.      Elemen Manajemen
a.  Man
b. Money
c. Material
d. Market
e. Machine
f. Method (Metode)

44.      Geoffrey Whitehead mengatakan bahwa di seluruh kantor terdapat lima bidang kegiatan utama, yaitu :
a.      Kegiatan Komunikasi
b.      Kegiatan Kalkulasi
c.       Pengelolaan Warkat
d.      Penyusunan Laporan
e.      Kegiatan yang mengikuti prosedur rutin
55.      Proses manajemen meliputi :
a.      Perencanaan Kantor
b.      Pengorganisasian Kantor
c.       Kegiatan Personalia Tata Usaha
d.      Pengkoordinasian
e.      Pengawasan Kantor
66.      Tujuan Manajemen Kantor :
a.      Penerimaan Informasi
b.      Pencatatan Informasi
c.       Penyusunan Informasi
d.      Pemberian Informasi
e.      Perawatan Aktiva
77.      Organisasi Sederhana



88.      Organisasi Berkembang

99.      Pendekatan fungsional dibagi menjadi 2, yaitu :
a.      Sentralisasi
Untuk meningkatkan efisiensi, semua pekerjaan kantor harus dikoordinasi oleh seorang manajer kantor, walaupun beberapa bagian darinya dapat dikerjakan di dalam kantor-kantor  departemen yang tidak berada di bawah pengawasannya. Didalam beberapa organisasi, manajer kantor utama  diberi tanggung jawab penuh atas semua kantor, termasuk yang terkait dengan departemen operasi. Ia diminta untuk mengorganisasi, memperlengkapi, mengangkat staf dan memanajemenkan kantor-kantor ini dengan memberikan pelayanan seperti  yang mungkin diminta oleh manajer departemen atau fungsional.
b.      Desentralisasi
contoh organisasi paling sederhana di bawah ini. Garis terputus-putus menunjukkan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan.


110.  Uraian itu menentukan apa yang harus dikerjakan, kepada siapa pekerja harus melapor, dan syarat apa yang diperlukan untuk jabatan itu.
Uraian pekerjaan dipergunakan sebagai cetak biru bagi pekerja baru dan memungkinkan latihan ditempat kerja dengan sedikit sekali pengulangan instruksi


0 comments:

Post a Comment