Assalamu'alaikum ..
Pembahasan kali ini adalah tentang pengenalan model data, perintah masukan dan keluaran yang ada pada bahasa pemograman C++. langsung saja monggoo ...
Pengenalan Tipe Data
Borland C++ memiliki 7 tipe data dasar,
yaitu:
Tipe
Data
|
Ukuran
Memori
|
Jangkauan Nilai
|
Jumlah
Digit
|
Char
|
1 Byte
|
-128 s.d 127
|
|
Int
|
2 Byte
|
-32768 s.d 32767
|
|
Short
|
2 Byte
|
-32768 s.d 32767
|
|
Long
|
4 Byte
|
-2,147,435,648 s.d 2,147,435,647
|
|
Float
|
4 Byte
|
3.4 x 10-38 s.d 3.4 x 10+38
|
5-7
|
Double
|
8 Byte
|
1.7 x 10-308 s.d 1.7 x 10+308
|
15-16
|
Long Double
|
10 Byte
|
3.4 x 10-4932 s.d 1.1 x 10+4932
|
19
|
Tipe data tambahan
Unsigned digunakan bila data yang
digunakan hanya data yang positif saja.
Tipe
Data
|
Ukuran
Memori
|
Jangkauan Nilai
|
Unsigned Character
|
1 Byte
|
0 s.d 255
|
Unsigned Integer
|
2 Byte
|
0 s.d 65535
|
Unsigned Long Integer
|
42 Byte
|
0 s.d 4,294,967,595
|
Konstanta
Yaitu suatu nilai yang sifatnya tetap. Secara
garis besar konstanta dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu:
·
Konstanta
Bilangan
Konstanta Bilangan dibagi menjadi tiga kelompok,
antara lain:
a. Konstanta Bilangan Bulat (Integer), yaitu
bilangan yang tidak mengandung nilai desimal. Ex: 1,2,3,100
b. Konstanta Desimal Berpresisi Tunggal
(Floating Point). Konstanta ini mempunyai bentuk penulisan, yaitu:
Ø Bentuk Desimal (Ex: 5.57)
Ø Bentuk Eksponensial/bilangan berpangkat
(Ex: 4.22e3, artinya 4.22 x 103)
c. Konstanta
Desimal Berpresisi Ganda (Double Precision). Konstanta ini sama seperti konstanta floating
point tetapi mempunyai daya tampung lebih besar.
·
Konstanta
Teks
Konstanta Teks dibagi menjadi dua kelompok, antara
lain:
a. Data Karakter (Character), yaitu terdiri
dari sebuah karakter saja yang diapit oleh tanda kutip tunggal ( ’ ). Data
karakter dapat berbentuk abjad (huruf besar/kecil), angka, notasi atau simbol.
Ex: ’Y’, ’y’, ’8’, ’&’ dll.
b. Data Teks (String), merupakan rangkaian
dari beberapa karakter yang diapit oleh tanda kutip ganda ( ” ). Ex: ”Jakarta”,
”AMIK BSI” dll.
Deklarasi Konstanta
Bentuk penulisannya: const
nama_konstanta = nilai_konstanta
Ex: const x = 89; const x = “Bina Sarana Informatika”
Variabel
Adalah suatutempat menampung data atau konstanta
di memori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah-ubah selama proses
program. Dalam pemberian nama variabel, mempunyai ketentuan-ketentuan, antara
lain:
·
Tidak
boleh ada spasi tetapi dapat gunakanlah tanda garis bawah sebagai penghubung
·
Tidak
boleh diawali oleh angka dan menggunakan operador aritmatika
Varibel dibagi menjadi dua jenis kelompok, yaitu:
a. Variabel Numerik, dibagi menjadi tiga
macam yaitu:
- Bilangan Bulat (Integer)
- Bilangan Desimal Berpresisi Tunggal (Floating Point)
- Bilangan Desimal Berpresisi Ganda (Double Precision).
b. Variabel Text , dibagi menjadi dua macam yaitu:
·
Character
(Karakter Tunggal)
·
String
(Untuk Rangkaian Karakter)
Deklarasi Variabel
Setiap kali pendeklarasian variabel harus diakhiri tanda titik koma ( ; ).
TIPE VARIABEL
|
SIMBOL DEKLARASI
|
Integer
|
int
|
Floating Point
|
float
|
Double Precision
|
double
|
Character
|
char
|
Unsigned Integer
|
unsigned int
|
Unsigned Character
|
unsigned char
|
Long Integer
|
long int
|
Unsigned Long Integer
|
unsigned long int
|
Bentuk penulisannya: Tipe_data
nama_variabel
Ex: char
nama_siswa;
int nilai;
float rata_rata;
PERINTAH
KELUARAN
1.
printf( )
Bentuk penulisannya: printf(”string-kontrol”, argumen 1, argumen 2);
String-kontrol dapat berupa keterangan yang akan ditampilkan pada layar
beserta penentu format. Penentu format dipakai untuk memberi tahu kompiler
mengenai jenis data yang dipakai dan akan ditampilkan. Argumen ini dapat berupa
variabel, konstanta dan ungkapan. Berikut tabel penentu format printf( )
TIPE DATA
|
PENENTU FORMAT
|
Integer
|
%d
|
Floating Point:
|
|
Bentuk Desimal
|
%f
|
Bentuk Berpangkat
|
%e
|
Bentuk Desimal dan Pangkat
|
%g
|
Double Precision
|
%lf
|
Character
|
%c
|
String
|
%s
|
Unsigned Integer
|
%u
|
Long Integer
|
%ld
|
Long Unsigned Integer
|
%lu
|
Unsigned Hexadecimal Integer
|
%x
|
Unsigned Octa Integer
|
%o
|
2.
puts( )
Perintah puts( ) sebenarnya sama dengan printf( ),
yaitu digunakan untuk mencetak string ke layar. puts( ) berasal dari kata put
string.
Perbedaan antara printf( ) dengan puts( ) adalah:
printf( )
|
puts( )
|
Harus menentukan tipe data untuk string, yaitu %s
|
Tidak perlu penentu tipe data string, karena fungsi ini khusus untuk tipe
data string.
|
Untuk mencetak pindah baris, memerlukan notasi ’\n’
|
Untuk mencetak pindah baris tidak perlu notasi ’\n’, karena sudah
diberikan otomatis
|
3.
putchar( )
Perintah ini digunakan untuk menampilkan sebuah
karakter kelayar.Penampilan karakter tidak diakhiri pindah baris.
4.
cout( )
Untuk menggunakan perintah ini harus menertakan
file header iostream.h
PERINTAH MASUKAN
1.
scanf( )
Fungsi ini digunakan untuk memasukan berbagai
jenis data. Bentuk penulisannya adalah: scanf(”penentu
format”,&nama variabel);
Simbol & merupakn pointer yang digunakan untuk
menunjuk kealamat variabel memori yang dituju. Berikut Tabel Penentu Format
scanf( )
TIPE DATA
|
PENENTU FORMAT
|
Integer
|
%d
|
Floating Point:
|
|
Bentuk Desimal
|
%e atau %f
|
Bentuk Berpangkat
|
%e atau %f
|
Double Precision
|
%lf
|
Character
|
%c
|
String
|
%s
|
Unsigned Integer
|
%u
|
Long Integer
|
%ld
|
Long Unsigned Integer
|
%lu
|
Unsigned Hexadecimal Integer
|
%x
|
Unsigned Octa Integer
|
%o
|
2.
gets( )
Fungsi ini digunakan untuk memasukan untuk
memasukan data string. Bentuk penulisannya adalah: gets(nama variabel-array);
Perbedaan antara scanf( ) dengan gets( ) adalah:
scanf( )
|
gets( )
|
Tidak dapat menerima string yang
mengandung spasi atau tab dan dianggap sebagai data terpisah
|
Dapat menerima string yang mengandung sapasi atau tab dan masing-masing
dianggap sebagai satu kesatuan data
|
3.
cin( )
Untuk bisa menggunakan fungsi ini harus menertakan
file header iostream.h
4.
getch( )
Fungsi getch( ) (get character and echo) dipakai
untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukan tidak perlu
diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan tidak akan
ditampilkan dilayar. File header yang harus disertakan adalah conio.h
5.
getche( )
Fungsi ini dipakai untuk membaca sebuah karakter
dengan sifat karakter yang dimasukan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol
ENTER, dan karakter yang dimasukan akan ditampilkan dilayar. File header yang
harus disertakan adalah conio.h
FUNGSI
MANIPULATOR
Manipulator pada umumnya digunakan untuk mengatur
tampilan layar.Untuk menggunakan manipulator ini file header yang harus
disertakan adalah file header iomanip.h. Ada beberapa fungsi manipulator yang
disediakan Borland C++, antara lain:
endl setbase( ) setfill(
) setprecision( ) setiosflags( )
end setw( ) flush() dec( ) hex( ) oct(
)
0 comments:
Post a Comment