Tagged Under:

Cara Import Large Database MYSQL Dengan Menggunakan Command Prompt ( CMD )

Share
Asslamu'alaikum :)




Pada postingan kali ini saya ingin berbagi tentang pengalaman mengimport large database. Ya memang merupakan hal yang mudah jika file database tersebut masih bisa diimport langsung di phpmyadmin, namun berbeda jika file yang diimport adalah file yang berukuran besar.

Beberapa waktu yang lalu saya mengimport file database dengan ukuran 311 Mb. Langkah awal yang saya lakukan adalah dengan menggunakan phpmyadmin untuk mengimportnya, namun gagal karena ukuran file melebihi batas maksimal import data di phpmyadmin. Selanjutnya, cara kedua saya merubah batas maksimal ukuran file import di php.ini yang tersedia di local server, saya menggunakan wamp server. Namun, cara tersebut tetap tidak menyelesaikan masalah. Database tidak terimport dengan sempurna, masih ada beberapa table yang tertinggal.

Setelah pusing dan searching sana-sini. Akhirnya cara yang ketiga ini berhasil. yaitu dengan menggunakan command prompt atau cmd. Untuk lebih jelasnya perhatikan langkah berikut :
  • Masuk mysql lewat cmd
 Kalo kamu belum tau cara masuk mysql dengan cmd cek lagi postingan saya sebelumnya ya :)
  • Pilih Database
Setelah sukses masuk ke mysql, silahkan pilih database yang akan di import. Gunakan perintah show databases; untuk melihat database yang ada di server kamu. Lalu kamu bisa pilih database mana yang akan di import. gunakan perintah USE namadabatase;
  • Import Database
Setelah tampil database change pada jendela cmd, kamu bisa langsung masukan perintah untuk import file. Ini dia perintahnya : SOURCE /path/ke/file;
Pastikan path ke file database sesuai agar proses import bisa berlangsung dengan baik. Jika path file database kamu benar, maka jendela cmd akan memproses file tersebut. Tampilannya seperti ini :


Selama proses berjalan, usahakan jangan menutup jendela cmd apalagi mematikan komputer kamu agar import file large database kamu berjalan sempurna. Waktu yang saya butuhkan untuk mengimport file 311 MB hanya sekitar dua sampai tiga menit. *senyum lebar*

Saya rasa cukup pembahasan postingan kali ini, semoga bermanfaat dan CMIIW ...

10 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. mksdnya kode SOURCE /path/ke/file; gmn mas? Bs diberikan contoh penulisan nya.. Maaf, msh awam.. Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya letak file databasenya yang ada di komputer kamu, misalnya SOURCE /database/db.sql . letak database saya ada di dalam folder database, btw saya bukan mas mas mba ieka, salam kenal ya :D

      Delete
    2. Mbak tya, mohon penjelasnnya untuk SOURCE /path/ke/file。maksudnya source, path, ke dan file itu apa ya. Mohon pencerahannya.

      Delete
  3. Mbak Tya, bisa di share gak perintah yang mbak buat untuk importnya sperti screen shoot diatas , jadi lebih mudah untuk diikuti. Mohon maaf masih sangat awam sekali. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. SOURCE /database/db.sql itu perintah yang saya masukan mas, SOURCE itu nama perintahnya, PATH KE FILE itu letak file databasenya. semoga membantu yaa

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berikut contohnya mysql> create database aku;
      Query OK, 1 row affected (0.00 sec)

      mysql> use aku;
      Database changed
      mysql> source F:/xampp/htdocs/app/siswa/siswa.sql
      Query OK, 0 rows affected (0.00 sec)

      Query OK, 0 rows affected (0.00 sec)

      Query OK, 0 rows affected (0.00 sec)

      Query OK, 0 rows affected (0.00 sec)

      Query OK, 0 rows affected (0.00 sec)

      Query OK, 0 rows affected (0.13 sec)

      Query OK, 3 rows affected (0.00 sec)
      Records: 3 Duplicates: 0 Warnings: 0

      mysql>

      Delete
    2. wah terimakasih om roihan sudah bantu menjawab :)

      Delete