Tagged Under: ,

Khadijah, Kartini dan Perempuan Inspirasi Saya Lainnya

Share
Assalamu'alaikum ..





Tiga hari yang lalu, Indonesia setiap tahun merayakan Hari Kartini setiap tanggal 21 April . Hari Kartini adalah suatu bentuk penghormatan kepada pahlawan perempuan yang telah memperjuangkan emansipasi wanita pada zamannya. Sehingga kami, para perempuan masa kini tidak lagi terpaku dengan tiga kata yang telah melegenda untuk perempuan zaman dahulu, yaitu perempuan itu hanya 3D , Didapur, Dikasur dan Disumur .

Namun, berkat perjuangan RA. Kartini yang beliau kisahkan lewat surat-suratnya yang ditujukan kepada temannya di eropa yang selanjutnya di kumpulkan dan dibukukan oleh J.H. Abendanon. Perempuan Indonesia kini mempunyai hak yang sama dengan laki-laki dalam segala bidang, ilmu pengetahuan, pekerjaan dan lainnya.

Kini, perempuan indonesia tidak lagi ada sekat untuk ikut serta menyumbangkan ide serta kreatifitasnya dalam berbagai hal sampai keranah politik. Bahkan presiden Indonesia yang ke-5 adalah seorang perempuan.

Sebagai seorang ibu, wanita merupakan pengajar dan pendidik yang pertama. Dalam pangkuannyalah seorang anak pertama-tama belajar merasa, berpikir dan berbicara, dan dalam banyak hal pendidikan pertama ini mempunyai arti yang besar bagi seluruh hidup anak… - Kutipan Surat RA. Kartini

Seperti kutipan beliau diatas, tugas utama seorang perempuan adalah menjadi seorang pengajar dan pendidik untuk anak-anaknya. Sehebat apapun seorang perempuan diluar rumah, namun ketika berada didalam rumah ia tetap menjadi makmum bagi suaminya dan menjadi ibu yang baik untuk anak-anaknya.

Seperti Khodijah R.A, Istri pertama Rasulullah SAW. Beliau merupakan teladan bagi saya pribadi, dan semoga bagi wanita lainnya. Beliau adalah seorang janda terhormat yang diberikan keagungan oleh Allah untuk mendampingi Rasulullah SAW. Beliau merupakan sosok yang mandiri, yang sabar,  setia dan taat terhadap suami. Yang tidak menjadikan kekayaan sebagai tolak ukur manusia. Beliau Ummu mukminin, bahkan Rasulullah SAW sangat kehilangan saat beliau meninggal dunia.

Dari dua sosok perempuan hebat diatas, menjadi inspirasi dan pelajaran berharga bagi saya pribadi sebagai perempuan yang hidup pada akhir zaman ini. Untuk mengetahui apa sebenarnya tugas utama seorang perempuan, apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang perempuan, dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh perempuan. Saya masih harus banyak belajar, banyak membaca dan banyak mencerna ilmu dari perempuan perempuan hebat lainnya.

Beberapa sosok wanita inspirasi dalam hidup saya selain Khadijah R.A dan R.A Kartini, adalah Ada Lovelace yang merupakan programmer wanita pertama di dunia ( ini berhubungan dengan pekerjaan saya ), orang ini menjadi penyemangat disaat saya lelah dan ingin menyerah pada pekerjaan ini hehe.

Dan terlepas dari itu semua, mamah ku adalah teladan terhebatku. Mamah pernah berjuang merasakan sakit yang teramat sangat saat melahirkan saya 22 tahun yang lalu. dan itu saja cukup menjadi alasan bahwa saya harus berbakti kepadanya seumur hidup.

Semoga saya dapat menjadi perempuan indonesia yang sholehah, kuat, tegar, tangguh, bermartabat, dan tetap menjunjung tinggi prinsip islami, bahwa wanita tetap dipimpin oleh seorang laki-laki dan menjadi ibu yang baik bagi anak-anak kelak. amin ya rabbal 'alamin ...

0 comments:

Post a Comment